Cara Menghitung Kebutuhan Solar Controller

Cara Menghitung Kebutuhan Solar Controller

Banyak orang yang bertanya bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Solar Controller yang tepat? Sebelum kita membahas lebih lanjut ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sih fungsi dari solar controller.

Solar Controll Charge adalah alat yang digunakan untuk mengatur proses pengisian daya dari solar panel ke baterai. Controller ini akan melindungi baterai dari discharge dan overcharge sehingga baterai yang kita gunakan menjadi lebih awet.

Baik sekarang kita langsung saja ke pembahasan awal yaitu Cara Menghitung Kebutuhan Solar Controller.

Cara Menghitung Kebutuhan Solar Controller
Cara Menghitung Kebutuhan Solar Controller

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu menghitung berapa daya / kapasitas panel surya yang akan anda gunakan. Analoginya seperti ini, jika saya mengunakan pompa air berapa torennya? Jangan terlalu kecil kalau mau yang lebih besar yang silahkan.

Baca: Perbedaan MPPT dan PWM Solar Control

Kalau anda menggunakan controller 60Ampere berapa panel yang akan digunakan? 60 Ampere solar controll dapat gunakan hingga titik maksimum system 12V 720WP dan 24V 1440WP panel surya. Selain itu kapasitas baterai juga harus di seimbangkan.

Lebih baik gunakan aki yang terlalu besar daripada terlalu kecil, sebab jika terlalu kecil listrik akan terbuang sia-sia. Misalkan anda menggunakan panel surya 500WP, maka ideal aki yang digunakan yaitu aki deepcycle dengan kapasitas 200Ah jika aki mobil gunakan 500Ah. Hal ini disebabkan aki mobil hanya bisa menampung daya lebih kecil daripada deepcycle.

Sebagian orang yang masih pemula mereka hanya melihat dari seberapa ampere aki yang digunakan tanpa membandingkan panel suryanya. Hal tersebut memang tidak salah, namun akan lebih baik jika kita hitung sesuai dengan perbandingan dari keduanya.

Cara Menghitung Kebutuhan Solar Controller yang benar akan menentukan hasil energi yang didapatkan dari solar panel pada siang hari. Jadi silahkan anda hitung berapa kapasitas solar panel yang akan anda gunakan.

Cara Menghitung Kebutuhan Solar Controller

Setelah anda mengetahui jumlah kapasitasnya sekarang saatnya untuk menentukan solar controll charhe (SCC) yang ideal untuk digunakan. Pada kasus kali ini akan saya berikan contoh panel surya dengan kapasitas 6,02A. Perlu diketahui bahwa kapasitas paling renda solar controll yaitu 10 Ampere.

Dari perihal diatas kita sudah tahu bahwa controller yang kita gunakan adalah 10Ampere. Bagaimana jika menggunakan dua panel? gampang sekali kita tinggal kalikan 2 yaitu 6,02A X 2 =12,04A, berarti kontroller yang digunakan yaitu minimal 15 atau 20 Ampere.

Itulah sedikit ulasan tentang Cara Menghitung Kebutuhan Solar Controller, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share.

One Comment

  1. Permisi gan .
    Diatas dijelaskan . Solar control 60 Ampere dapat digunakan hingga titik maksimum system 12V 720WP dan 24V 1440WP panel surya. Selain itu kapasitas baterai juga harus di seimbangkan.
    Pertanyaan saya:
    1. Yang dimaksud sistem 12 v itu apa panel tunggal . Dan yang 24 v itu dua panel yang di rangkai seri? Atau hanya pengaturan solar controlnya saja?
    2. Pada sistem 24 v apakah baterai harus seri ?
    Trima kasih, sukses slalu buat agan .
    _🙏🙏🙏_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat