Cara merakit Solar Panel Sendiri di Rumah

Cara merakit Solar Panel Sendiri di Rumah

Perlu anda ketahui bahwa Solar Panel adalah salah satu cara untuk mendapatkan energi listrik cuma cuma yang tidak berdampak dengan pemanasan global, sebab alat ini sama sekali tidak mengeluarkan polusi yang dapat mencemari lingkungan sekitar. Selain itu anda juga bisa menghemat tagihan listrik bulanan anda selama puluhan tahun.

Cara Merakit Solar Panel juga berbeda tergantung dengan kebutuhan masing masing orang, namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara pemasangan / cara perakitan yang sederhana terlebih dahulu.

Cara merakit Solar Panel Sendiri di Rumah

Pada umumnya solar panel ini dipasang di atap rumah ataupun gedung, karena cara ini dianggap lebih efektif untuk mendapatkan sinar matahari yang maksimal serta terhindar dari lalu lintas orang sehingga solar panel ini akan menjadi lebih awet. Jika anda ingin memasang solar panel di tempat yang berbeda, boleh juga dipasang didepan rumah dengan catatan buatkan tiang penyanggan yang kuat agar tahan jika ada angin yang cukup kencang.

Baca Juga: Cara Memilih Solar Panel Yang Murah Dan Awet

langkah pertama untuk merakit solar panel di atap rumah yaitu membuat rangkaian menggunakan besi sebagai dudukan solar panel. Jika rangkaian sudah siap langkah selanjutnya buatkan dudukan untuk baut sebagai pengencang solar panel, agar solar panel tetap aman ketika ada angin kencang usahakan di tata dengan rapat. Untuk menginstalasi solar panel di atas rumah memang agak sulit dilakukan  dan kontak langsung panel surya dengan genteng harus dihindari untuk mencegah terhadinya kerusakan pada genteng yang sudah rapuh.

Alat tambahan yang harus digunakan untuk menghasilkan energi listrik yang sesuai keinginan yaitu Solar Control Charge (SCC), Baterai/Aki dan power inverter. Untuk ukuran baterai sesuaikan dengan kebutuhan masing masing.

Pastikan Solar Panel Menghadap Sinar Matahari Langsung

Ambil posisi yang tepat untuk solar panel agar listrik yang dihasilkan lebih banyak, maka dari itu posisi solar panel yang berada di atap rumah sangat berpengaruh dengan kinerjanya. Terkadang banyak orang yang menyepelekan pada kasus ini, sedikit apapun penghalang akan mempengaruhi kinerja solar panel itu sendiri. Ini merupakan salah satu Cara Pemasangan Solar Panel yang paling tepat untuk dilakukan.

Jika terdapat tembok rumah tetangga dan disitu merupakan tempat yang paling banyak terkena sinar matahari, anda tidak perlu bingung akan hal ini. Anda cukup meninggikan posisi solar panel serta mengukur kemiringan yang tepat.

Hubungkan Semua Kabel Ke masing masing  Perangkat

Sebagai lanjutan dari Cara Merakit Solar Panel di Rumah saya akan memberitahu kepada anda bagaimana menghubungkan kabel dari solar panel ke alat yang lainnya.

Hubungkan Solar Charge Controller (SCC) ke Baterai/Aki

Sesuai dengan urutan pemasangan, hubungkan terlebih dahulu Solar Charge Controller ke baterai, kenapa hal ini harus dilakukan terlebih dahulu yaitu bertujuan untuk menjaga agar controller tidak rusak, karena jika anda menghubungkan kabel solar panel ke baterai lebih awal 90% bisa mengalami pada kerusakan pada controller tersebut.

Pasang Kabel Solar Panel Ke SCC

Langkah yang kedua yaitu menghubungkan kabel solar panel ke controller sesuai dengan positif (+) dan negative (-).

Power Inverter

Langkah yang terakhir yaitu anda tinggal mengkoneksikan kabel dari baterai ke power inverter, fungsi dari power inverter yaitu untuk merubah arus DC menjadi AC. Sebab kebanyakan peralatan elektronik yang ada dirumah menggunakan daya AC jadi alat ini sangat di perlukan untuk bisa menggunakan alat yang di butuhkan.

Itulah beberapa tips dari saya tentang bagaimana Cara merakit Solar Panel Sendiri di Rumah, semoga bisa membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat