Fungsi Dari MCB dan Seperti Apa Cara Kerja Pada Instalasi Listrik

Fungsi Dari MCB dan Seperti Apa Cara Kerja Pada Instalasi Listrik – Banyak teknisi pemula mereka bertanya-tanya apa sih Fungsi Dari MCB dan seperti apa cara kerja sehingga dapat memutus arus secara otomatis di setiap rangkaian instalasi listrik. Arti dari MCB itu ialah Miniatur Circuit Breaker.

Alat yang satu ini merupakan komponen penting yang wajib ada disetiap instalasi demi menjaga keamanan penggunanya. Sebab MCB memiliki peran sebagai detektor ketika terjadi beban lebih melalui terminalnya sehingga arus terputus secara otomatis agar instalasi kabel tidak panas karena hal tersebut dapat memicu terjadinya kebakaran.

Fungsi MCB (Miniature Circuit Breaker)

Fungsi Dari MCB dan Seperti Apa Cara Kerja Pada Instalasi Listrik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas fungsi utama dari MCB yaitu untuk memutus aliran daya secara otomatis ketika terjadi beban yang melebihi kapasitas MCB tersebut. Alat ini tentu saja menjadi suatu komponen penting sebab dapat melindungi terjadinya konsleting pada instalasi listrik.

Lalu kemungkinan apa yang dapat terjadi ketika tidak ada MCB pada rangkian instalasi listrik bila terjadi konsleting?

Baca juga: Jenis-jenis Transformator

Ketika keadaan overload dan tidak ada alat yang bisa memutus arus secara otomatis tentu saja akan overheat pada kabel sehingga potensi terbesarnya akan terjadi kebakaran. Untuk itu, ketika menginstalasi jangan pernah lupakan alat yang satu ini.

Pada beberapa tahun yang lalu pada setiap instalasi listrik umumnya menggunakan sekring (fuse) karena kinerjanya lebih maksimal sebab terbilang cukup sensitif apabila terjadi overload jika dibanding dengan sekring biasa.

Perlu kalian ketahui kalau penggunaan MCB itu jauh lebih praktis dari segi pemasangan maupun mengembalikan aliran listrik yang tiba-tiba terputus karena kelebihan beban untuk di nyalakan kembali.

Namun berbeda dengan sekring saat terjadi overload dan sekring tersebut memutuskan daya maka Anda harus mengganti seuts kabel didalam box fuse, selain kurang praktis juga bisa dikatakan kurang aman.

Perna mendengan nama listrik jeglek? ya itulah sebutan kebanyakan orang ketika ada listrik dari on ke off karena overload.

Fungsi MCB juga disesuaikan dengan jumlah pole (kutub) nya, sebagai contoh MCB dengan jumlah 3 pole digunakan untuk mengamankan tegangan listrik 3 phase (RST). Sedangkan MCB 1 fasa hanya bisa digunakan untuk mengamankan tegangan listrik pada 1 phase saja (L).

Bagaimana Cara Kerja MCB (Minaturer Circuit Breaker)

Fungsi Dari MCB dan Seperti Apa Cara Kerja Pada Instalasi Listrik

Seperti yang telah dijelaskan kalau MCB itu bekerja ketika terjadi overload (kelebihan beban) dan akan secara otomatis mengubah dari posisi on ke posisi off.

Berikut ini adalah beberapa sifat kerja dalam operasi MCB untuk menjaga beban listik, antara lain:

  • Memutus arus beban akan terjadi ketika panas yang ditimbulkan sudah melewati batas
  • Ketika terjadi hubungan singkat atau konsleting akan segera memutus arus dengan segera
  • Sangat memudahkan pengguna untuk merubah dari posisi off ke on atau sebaliknya

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan tentang Fungsi Dari MCB dan Seperti Apa Cara Kerja Pada Instalasi Listrik. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada semua pembaca, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *