Mengenal Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya

Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya – Pada setiap rangkaian elektronik terdapat cukup banyak komponen dengan bentuk dan juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti yang kita tahu bahwa teknologi terus mengalami perkembangan yang luar biasa pesatnya sehingga semakin banyak pula komponen yang ada saat ini.

Buat teman-teman yang sekarang ini sedang mempelajari bidang elektronika perlu mengetahui berbagai macam komponen dasar yang sering digunakan di setiap peralatan elektronik seperti induktor, IC, Resistor, Kapasitor, Dioda dan lain sebagainya.

Beragam Jenis Komponen Elektronika

Silahkan simak artikel ini sampai habis agar Anda dapat memahami apa saja jenis, fungsi dan juga simbol pada komponen elektronika yang paling banyak digunakan pada setiap rangkaian elektronik.

1. Resistor

Resistor merupakan komponen elektronok pasif yang berfungsi untuk mengatur arus pada rangkaian elektronik. Sesuai dengan namanya resistor bersifat resistif (resistance). Satuan nilai atau hambatan pada resistor adalah Ohm (Ω). Untuk mengetahui nilai resistor biasanya diwakili dengan gelang warna maupun angka yang menempel pada badan resistor itu sendiri.

Ada 4 jenis resistor yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Resistor tetap
  • Resistor suhu
  • Resistor variable
  • Resistor cahaya

Gambar dan Simbol Resistor

Mengenal Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya
Sumber: Webstudi.site

2. Kapasitor

Kapasitor ini juga biasa di sebut dengan nama lain kondensator yang merupakan komponen elektronika pasif, memiliki fungsi untuk menyimpan muatan energi listrik sementara waktu. Fungsi kapasitor / kondensator yaitu bisa memilih gelombang radio pada sebuah rangkaian tuner. Selain itu juga sebagai filter didalam rangkaian power supply (catu daya) dan sebagai perata arus pada receifer.

Biasanya satuan nilai pada kapasitor / kondensator adalah F (farad). Beberapa jenis kapasitor adalah sebagai berikut:

  • Kapasitor / kondensator dengan nilai tetap tidak mempunyai polaritas, apabila berdasarkan dari bahan kapasitor, maka kapasitor bernilai terdiri atas kapasitor kertas, kapasitor mika, kapasitor polyester dan kapasitor keramik.
  • Kapasitor dengan nilai tetap dan punya polaritas positif & negatif, diantara kapsitor tersebut adalah kapasitor elektrolit (ELCO) dan kapasitor tantalum.
  • Kapasitor yang bisa di atur nilainya, kapasitor jenis ini biasa disebut dengan Variable Capacitor.

Gambar dan Simbol Kapasitor

Sumber: Webstudi.site

3. Induktor

Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya selanjutnya yaitu Induktor. Induktor juga sering di sebut dengan Coil yang merupakan Komponen Elektronika Pasif dan memiliki fungsi untuk mengatur Frekuensi, memfilter dan sebagai alat penyambung (Kopel). Induktor atau coil ini banyak digunakan pada Rangkaian Elektronika seperti pesawat radio dan tuner. Satuan induktansi untuk Induktor (Coil) adalah Henry (H).

Baca juga: Cara Memasang Panel Surya di Atap Rumah

Terdapat 2 jenis Induktor, antara lain:

  • Induktor tetap
  • Induktor tidak tetap (Coil Variable)

Gambar induktor (coil)

Mengenal Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya
Sumber: Webstudi.site

4. Dioda

Dioda ialah Komponen Elektronika aktif yang mempunyai fungsi untuk mengalirkan energi listrik pada satu arah, fungsi lainnya dapat menghambat arus yang berlawanan. Terdapat 2 elektroda pada sebuah Dioda yaitu Anoda dan Katoda.

Fungsi Dioda adalah:

  • Dioda Biasa / Dioda Penyearah umumnya terbuat dari bahan Silikon atau germanium. Memiliki fungsi sebagai penyearah arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC).
  • Dioda Laser merupakan Dioda yang mampu memancarkan cahaya Laser. Dioda Laser sering juga di sebut dengan nama singkatannya yaitu LD.
  • Diona Zener berfungsi sebagai pengaman pada rangkaian setelah tegangan yang telah di tentukan oleh Dioda Zener yang memiliki sangkutan. Nama tegangan tersebut sering disebut dengan Tegangan Zener.
  • Dioda Schottky merupakan Dioda bertegangan rendah.
  • Dioda Foto adalah Dioda yang peka akan cahaya, oleh sebab itu Dioda ini banyak digunakan sebagai Sensor pada sebuah Rangkaian Elektronika.
  • LED (Light Emitting Diode) atau biasa disebut juga dengan Diode Emisi Cahaya yang dapat memancarkan cahaya monokromatik.
  • Dioda Shockley (SCR / Silicon Control Rectifier) merupakan Dioda yang memiliki fungsi sebagai pengendali.
  • Dioda Varaktor merupakan Dioda yang bersifat kapasitasnya bisa berubah-ubah sesuai dengan tegangan yang diberikan.

Gambar dan Simbol Dioda

Sumber: Webstudi.site

5. Transistor

Transistor merupakan Komponen Elektronika aktif multiternal yang biasanya mempunyai 3 terminal serta memiliki peran penting didalam sebuah rangkaian elektronik. Satu komponen ini memiliki fungsi berbeda yaitu sebagai pemutus, penghubung, penguat arus, modulasi sinyal, stabilitasi tegangan, penyearan dan lain-lain.

3 Terminal kaki yang ada pada Transistor yaitu Base/Basis (B), Emitor (E) dan Collector/Kolektor (K). Berdasarkan strukturnya, Transistor terdiri dari 2 type yang berbeda yaitu PNP dan NPN. UJT (Uni Junction Transistor), MOSFET (Metal Oxide Semiconductor FET) dan FET (Field Effect Transistor).

Baca juga: Manfaat Inverter DC ke AC

Gambar Transistor

Mengenal Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya
Sumber: Webstudi.site

Simbol Transistor

Sumber: Webstudi.site

6. IC (Integrated Circuit)

IC yaitu Komponen Elektronika aktif yang didalamnya terdapat ribuan komponen elektronika berbagai jenis diantaranya resistor, transistor, dan komponen lain yang membentuk sebuah rangkaian serta memiliki fungsi tertentu.

IC di buat dengan bentuk komplek dan juga kecil dengan dukungan pin (kaki) yang mempunyai tugas atau fungsi berbeda-beda. Selain itu bentuk IC juga ada banyak sekali jenisnya mulai dari kaki 3 hingga ada pula yang memiliki ratusan kaki pada satu komponen IC.

IC juga sering disebut sebagai Otak pada sebuah rangkaian elektronika, contohnya microproccesor. Fungsinya juga bermacam-macam yaitu sebgai pengontrol, penguat, switching dan juga memori.

Gambar dan Simbol IC

Mengenal Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya
Sumber: Webstudi.site

7. Switch (Saklar)

Merupakan komponen elektronika aktif yang digunakan sebagai pemutus dan penghubung arus listrik. Sesuai dengan fungsinya yaitu dibedakan menjadi dua kondisi yakni ON dan OFF.

Baca juga: Cara Kerja Inverter dan Cara Menghitung Dayanya

Gambar dan Simbol Saklar

Sumber: Webstudi.site

8. Transformator

Transformator sering disebut dengan nama lain Trafo, merupakan komponen elektronika aktif dengan dua fungsi utama yaitu menaikkan tegangan dan menurunkan tegangan. Transformati (Trafo) bekerja atas dasar perubahan gaya medan listrik.

Gambar Transformator (Trafo)

Mengenal Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya
Sumber: Webstudi.site

Demikian sedikit penjelasan mengenai Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya. Kami harap uraian diatas dapat memberikan manfaat kepada semua pembacanya, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *