Ketahui Resiko Bahaya Pada Panel Surya

Ketahui Resiko Bahaya Pada Panel Surya

Panel surya saat ini memang menjadi salah satu alternatif yang paling banyak di minati oleh banyak orang karena di anggap lebih hemat biaya dan juga lebih ramah terhadap lingkungan. Selain kelebihannya tersebut anda juga harus mengetahui Resiko Bahaya Pada Panel Surya sebelum menggunakannya agar anda lebih waspada dan tidak sembarangan.

Resiko Bahaya Pada Panel Surya
Sumber: Janaloka.com

Pernah terjadi beberapa waktu yang lalu tepatnya (31/10/15) PLTS dengan daya 70 kWp di Desa Sei Upih Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan terjadi kebarakan pada pembangkitnya (panel surya). Karena sudah terjadi perlu menjadi perhatian agar sampai terjadi pada pengguna lain.

Sebuah Studi yang di lakukan di negara Jerman, menyatakan bahwa sebanyak 75 kali kebaran terjadi yang di sebabkan oleh panel surya. 1,3 juta diantaranya system Roof Top pada tahun 2013 lalu.

Baca: Inilah Kereta Dengan Panel Surya Yang Pertama Di Australia

Sebernarnya resiko tersebut terjadi terbilang sangat langka, namun sebaiknya jangan mengabaikan resiko yang di timbulkan dari bahaya tersebut. Untuk lebih berhati hati dan menghindari terjadinya Resiko Bahaya Pada Panel Surya seperti di atas silahkan anda simak 5 hal yang harus anda perhatikan untuk pengguna;

1. Electical Hazards (Bahaya Listrik)

System keamanan dalam dunia elektrikal memang sangatlah penting termasuk panel surya. Sebab alat ini akan membantu mencegah terjadinya korsleting yang mengakibatkan terjadi hal negative. Sebaiknya anda berkonsultasi lebih detail jika ingin mengetahui Bagaimana Cara Memasang Panel Surya Yang Aman.

Pemasangan panel surya yang aman yaitu memiliki proteksi keamanan yang cukup dan di pasangkan pada setiap array. Pada bagian sebelum dan sesudah masuk ke panel utama pastikan sudah terpasang protektor keamanan. Selain itu pada bagian inverter juga di wajibkan memiliki protektor Anti – Islanding.

2. Faulting Manufacturing (Kesalahan Manufactur)

Sebetulnya kesalahan ini sangat jarang terjadi karena setelah produk di buat dan juga sebelum di edarkan di pasaran sudah melalui Quality Check (QC). Meskipun demikian anda juga harus tetap waspada karena kesalahan tetap dapat terjadi sewaktu waktu.

Resiko Bahaya Pada Panel Surya

Resiko Bahaya Pada Panel Surya
Sumber: : Liputan6.com

Sebelum anda membeli produk panel surya sebaiknya cek lebih detail agar tidak salah pilih barang. Tanyakan lebih detail kepada pihak penyedia barang (penjual) barang tersebut bahwa produk yang akan anda beli memiliki kualitas bagus. Bagian terpenting barang tersebut memiliki garansi sehingga jika terjadi gangguan setelah bertransaksi terjadi problem anda tidak merasa di rugikan oleh siapapun.

3. Nature Cause (Penyebab Alam)

Tentunya kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada alam, namun untuk lebih berhati-hati anda harus lebih memahami bagaimana kondisi tempat yang akan di pasang panel surya apakah sering terjadi gangguan dari alam sekitar. Jika iya segera beritahu kepada pihak kontraktor yang hendak memasang panel surya tersebut dan alihkan ke tempat lain yang labih aman.

Semua perangkat yang akan di pasang hendaknya pada posisi yang aman untuk menghindori resiko yang berbahaya. Sebagai contoh daerah yang sering terjadi banjir pada musim penghujan akan tetapi tidak ada tempat lain yang aman sebaiknya pasang pada posisi yang tidak terlalu rendah agar tidak terkena air.

Ada alat tambahan yang dapat untuk anda gunakan jika sering terjadi hujan yang begitu lebat yaitu IP 65 maupun IP 67 yang berfungsi untuk menerima limpahan air deras dalam waktu singkat.

Pasang dudukan panel surya untuk menghindari jika terjadi angin yang cukup kencang agar tidak mudah goyang dan roboh. Pastikan juga tidak ada pepohonan atau benda lain yang berpotensi roboh agar tidak menimpa panel surya nanti.

4. Installation Erorr And System Design (kesalahan pemasangan dan desain)

Sebelum anda melakukan pemasangan panel surya sendiri, sebaiknya untuk berkonsultasi lebih detail kepada yang sudah ahli di bidangnya. Kesalahan sekecil apapun dalam proses pemasangan dapat menimbulkan resiko yang cukup besar.

Akan lebih baik jika pemasangan mengikuti prosedur dari pabrik atau bisa juga meminta tolong kepada pemborong yang sudah berpengalaman untuk memberikan sedikit ide atau ilmu agar dapat memasang panel surya secara mandiri dan tentunya aman dari resiko bahaya.

5. Aging And Degraded Connectors

Barang murah memang menjadi incaran setiap orang dengan tujuan untuk lebih menghemat biaya. Untuk barang yang tidak ada resiko bahaya harga murah dan kualitas yang abal abal sah sah saja, namun sebaiknya tidak jika untuk benda yang satu ini. Kualitas yang bermutu tinggi sebaiknya yang harus anda gunakan karena panel surya ini tidak di gunakan dalam waktu 1 – 2 hari saja, tetapi puluhan tahun. Jadi komponen lain yang terpasang sebaiknya juga mampu di gunakan dalam jangka waktu yang sama dengan panel surya.

Pilih produk yang berkualitas baik dan telah terbukti aman di gunakan, sebab itu yang akan menentukan aman atau tidaknya system itu bekerja.

Mungkin itu saja pada kesempatan kali ini tentang Resiko Bahaya Pada Panel Surya, semoga dapat memberi anda manfaat dan lebih berhati hati dalam menggunakannya.

Sumber berita: https://ja na loka .com/r esiko- b a h a y a-sistem-panel-surya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat