Perbedaan Solar Panel Mono dan Poly

Perbedaan Solar Panel Mono dan Poly

Fotovoltaik atau yang biasa kita sebut dengan panel surya ini mampu merubah panas matahari menjadi energy listrik. Namun, ada perbedaan antara Solar Panel Mono dan Poly.

Saat sel surya terkena panas matahari disinilah proses perubahan panas matahari menjadi energi listrik terjadi melalui gelombang elektron. Hasil dari aliran elektron ini yang kemudian akan di ubah menjadi arus DC (Direct Current). Kita juga bisa langsung menggunakan listrik yang dihasilkan dari panas matahari ini untuk menyalakan peralatan elektronik yang menggunakan daya DC.

Baca: Keuntungan Menggunakan Listrik Tenaga Surya

Jika kita ingin mengubahnya dari DC ke AC maka perlu alat tambahan yaitu Power Inverter.

Nah sekarang kita lanjut ke penjelasan tentang Perbedaan Solar Panel Mono dan Poly:

MonoCrystalline

Monocrystalline ini terbuat dari silikon kristal tunggal, kristal tunggal ini sangat jarang kita temukan bahkan sangat sulit untuk mendapatkan karena benda ini hanya tumbuh di laboratorium saja. Para ilmuwan biasa menyebutnya dengan recrystallising. Makan jangan heran ketika benda yang satu ini diproduksi akan memiliki harga jual yang sangan mahal.

Jika kita lihat dari segi bentuk, solar panel jenis Monocrystalline ini lebih halus dari pada poly.

PolyCrystalline

solar panel jenis ini terbuat dari silikon blok – cast. Gelembang elektron yang ada akan terjebak oleh butir kristal individu dalam PolyCrystalline. Tidak hanya itu, tingkat keefisiensian solar panel jenis Poly juga lebih rendah dibanding dengan Mono. Bagaimana tidak, besaran tingkat efisiensi tersebut sekitar 13.6% pada suhu 50 derajat Celcius.

Ada baiknya sebelum membeli solar panel ketahui terlebih dahulu apa kekurangan dan kelebihan dari masing masing jenisnya. Pada kasus yang sudah sering kita alami banyak pengguna solar panel yang masih awam mereka tidak memahami kelebihan dan kekurangannya, akan tetapi hanya melihat dari segi harga. Padahal kita juga harus menyesuaikan kondisi cuaca di tempat anda tinggal lalu kemudian memilih jenis solar panel yang tepat untuk di gunakan di tempat tersebut.

Perbedaan Solar Panel Mono dan Poly

Jika anda bingung dalam membedakan mana yang Monocrystalline dan Polycrystalline, kita bisa membedakan dengan warna saja. PolyCrystalline memiliki warna biru, dan MonoCrystalline memiliki warna hitam serta halus, hal ini membuktikan bahwa Solae Panel jenis Mono memiliki tingkat kualitas dan kinerja yang sangat bagus dari semua systemnya.

MonoCrystalline akan tetap bekerja meskipun tidak terkena sinar matahari secara langsung (cuaca mendung).

Mungkin cukup sampai disini untuk kami memberika penjelasan tentang Perbedaan Solar Panel Mono dan Poly, jangan lupa share agar teman teman yang lain bisa ikut belajar mengenai solar panel.

Terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat